Mengenal Jenis dan Tipe Vacuum Pump Jakarta yang Ada di Pasaran

Pertama kali diciptakan pada tahun 1654 oleh Guericke, pompa vakum kini berkembang menjadi sebuah alat yang penting dan dibutuhkan oleh berbagai bidang industri. Karena dibutuhkan untuk kegiatan industri, tidak sedikit yang mengambil kesempatan untuk memproduksi dan menjual pompa vakum. Ada juga yang mengambil kesempatan dengan membuka jasa servis kompresor pompa vakum.


Pompa vakum digunakan untuk menyedot molekul gas yang ada di dalam suatu ruangan hingga mencapai titik vakum tertentu. Vacuum pump ini banyak digunakan di laboratorium kimia untuk menyedot gas berbahaya yang ada dalam ruangan. Selain digunakan di laboratorium, pompa vakum juga banyak digunakan di berbagai industri lainnya, seperti industri pertambangan, rumah sakit, farmasi, hingga industri makanan dan minuman.

Tiap jenis industri membutuhkan jenis pompa vakum yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Pompa vakum yang dijual di pasaran pun tidak hanya terdiri dari satu jenis, tapi ada banyak tipe.

Tipe Vacuum Pump Jakarta

Secara umum, pompa vakum bisa dibedakan menjadi dua tipe, yaitu :

1. Oil rotary vacuum pump

Yang pertama adalah oil rotary vacuum pump, yaitu pompa vakum yang bekerja menggunakan oli atau minyak pelumas. Karena menggunakan oli, Anda perlu mengecek kondisi oli secara berkala. Anda juga perlu menggantinya secara rutin agar pompa tetap bisa bekerja secara optimal.

Kelebihan dari pompa vakum tipe ini adalah harganya yang relatif murah. Perawatannya juga mudah sehingga Anda tidak perlu terlalu sering memanggil jasa servis kompresor pompa vakum. Meskipun demikian, Anda perlu mengganti spare part-nya jika usianya sudah tua dan pompa mulai mengalami berbagai masalah.

2. Dry vacuum pump

Yang kedua adalah dry vacuum pump. Pompa vakum tipe ini berbeda dari tipe oil rotary vacuum pump. Jika yang sebelumnya menggunakan oli agar pompa vakum bisa bekerja, tipe yang ini tidak perlu menggunakan oli. Dengan demikian, Anda tidak memiliki kewajiban untuk memeriksa dan mengganti oli secara rutin.

Kelebihan lainnya adalah penggunaan pompa vakum tipe ini tidak akan mengkontaminasi proses produksi sehingga cocok digunakan untuk industri kimia dan farmasi. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, jangan kaget kalau Anda harus merogoh kantong lebih dalam untuk bisa memiliki pompa vakum tipe ini.

Anda telah mengenal dua tipe pompa vakum yang banyak ditemukan di  pasaran. Selain dua tipe yang sudah disebutkan, pompa vakum juga bisa dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan prinsip kerjanya. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Vacuum pump positive displacement

Yang pertama, vacuum pump positive displacement. Vacuum pump jenis ini bekerja dengan menggunakan prinsip atau cara mekanis untuk menyedot gas yang ada di dalam ruangan secara terus menerus kemudian membuangnya ke atmosfer.

2. Vacuum pump momentum transfer

Yang kedua, vacuum pump momentum transfer. Vacuum pump jenis ini menggunakan sistem jet fluida dengan kecepatan tinggi untuk menyedot molekul gas dari suatu ruangan.

3. Vacuum pump entrapment

Yang ketiga adalah vacuum pump entrapment. Vacuum pump jenis ini menggunakan zat padat atau zat absorber jenis tertentu untuk menyedot molekul gas yang ada di dalam suatu ruangan.

Nah, itulah jenis-jenis vacuum pump Jakarta yang bisa Anda miliki. Sebelum memutuskan untuk membeli, lebih baik Anda ketahui dulu karakteristik dari masing-masing pompa vakum agar Anda bisa menentukan tipe dan jenis pompa vakum yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terakhir, rawatlah pompa vakum Anda dengan baik dan jika ada kerusakan pada bagian kompresornya, jangan ragu untuk memanggil jasa servis kompresor pompa vakum agar pompa Anda bisa segera digunakan kembali.

Share:

Agar Sepeda Berumur Panjang, 4 Poin Penting ini Jangan Sampai Anda Lewatkan

Sepeda merupakan alat transportasi yang juga banyak digunakan orang-orang untuk kebutuhan olahraga. Saat ini ada banyak pilihan jenis sepeda yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan selera Anda, misalnya saja jenis sepeda Fixie yang diminati orang-orang saat ini. Ketika Anda sudah memiliki sepeda, Anda tentu ingin agar sepeda kesayangan Anda bisa tetap awet agar bisa selalu menemani kegiatan Anda. 


Jika Anda ingin sepeda Anda awet dan tidak cepat rusak, maka lakukanlah beberapa kiat berikut.

1. Mencuci sepeda secara rutin

Mencuci sepeda merupakan cara mudah untuk menjaga kebersihan sepeda kesayangan Anda dan juga bisa membuatnya lebih awet. Mencuci sepeda bukan hanya membuat tampilannya menjadi bersih saja, namun hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap umur sepeda tersebut. 

Perlu Anda ketahui bahwa sepeda yang sering Anda gunakan dan bawa kemana-mana akan banyak terkontaminasi berbagai kotoran, misalnya saja debu, keringat, tanah, dan kotoran-kotoran lainnya. Jika kotoran tersebut Anda biarkan menempel terlalu lama pada sepeda Anda, maka hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada sepeda. Misalnya saja terjadinya korosi pada frame sepeda, atau juga membuat karat pada komponen dan membuat umur komponen menjadi lebih pendek. 

Oleh karena itu, pastikan Anda mencuci sepeda secara rutin. Namun sebelum mencuci sepeda, pastikan Anda melepas aksesoris serta ornamen-ornamen yang menempel pada sepeda agar sepeda yang Anda cuci bisa bersih sempurna. 

2. Memastikan tekanan angin pada ban

Sepeda Fixie ataupun sepeda jenis apapun yang Anda miliki juga harus dilakukan pengecekan rutin terhadap tekanan angin pada ban sepeda. Tekanan angin yang tepat pada ban sepeda Anda akan membuat performa yang optimal saat sepeda dikendarai. Selain itu, tekanan angin yang pas juga akan mempertahankan elastisitas serta bentuk ban sepeda tersebut. 

Jika Anda menyimpan sepeda dalam waktu yang cukup lama, tekanan angin ban yang sesuai juga akan membuat ban sepeda akan lebih sulit untuk rusak. Maka, pastikan Anda mengecek dan memastikan tekanan angin ban sepeda Anda secara rutin berkala. Periksalah tekanan tersebut sekitar dua hingga tiga kali seminggu meskipun sepeda tidak Anda gunakan.

Pastikan juga Anda selalu mengeceknya terlebih dahulu sebelum sepeda Anda gunakan. Perlu Anda catat juga bahwa tekanan angin yang sesuai pada ban sepeda juga perlu disesuaikan dengan jenis ban, berat badan Anda, dan juga bagaimana gaya berkendara Anda.

3. Memastikan baut dan mur terpasang dengan baik

Penggunaan sepeda yang cukup sering memang akan membuat baut dan mur sepeda menjadi kendor. Namun hal ini sebenarnya adalah hal yang cukup wajar. Anda hanya perlu memastikan agar baut dan mur kembali terpasang dengan baik. 

Periksalah kekencangan baut dan mur secara rutin dan sebelum Anda menggunakan sepeda tersebut. Hal ini merupakan hal yang cukup penting karena baut atau mur sepeda yang longgar akan membuat sepeda mengalami resiko kecelakaan yang lebih besar saat digunakan. 

4. Membersihkan rantai

Komponen sepeda lainnya yang cukup penting dan perlu Anda jaga adalah rantai sepeda. Anda bisa menggunakan lap basah yang sudah diberi sabun untuk membersihkan rantai sepeda. Kemudian putarlah pedal sepeda dengan perlahan sembari menempelkan lap tadi pada rantai sepeda. 

Itulah beberapa cara mudah untuk membuat sepeda Fixie Anda ataupun jenis-jenis sepeda lain tetap awet dan terawat. Dengan perawatan yang tepat dan rutin, sepeda Anda bisa berumur panjang sehingga bisa menemani aktivitas olahraga Anda.

Share:

3 Alasan Kuat Mengapa Pengajuan Pinjaman Uang Online Kamu Ditolak

Seperti yang kita tahu, pengajuan pinjaman uang online ke fintech yang legal seperti Kredivo jauh lebih mudah jika dibandingkan mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga konvensional lainnya. Persyaratannya sedikit dan pengajuannya cepat karena berbasis online dan menggunakan platform aplikasi yang dapat diunduh di smartphone. Nggak perlu repot-repot datang, fotokopi dokumen ini itu, nunggu survey, dan lain sebagainya.


Namun, karena lebih mudah, bukan berarti selamanya pengajuan pinjaman uang online di fintech akan selalu disetujui, lho. Banyak juga pendaftar atau calon debitur yang pengajuannya ditolak. Sebab, fintech-fintech yang legal dan terdaftar dan diawasi oleh OJK seperti Kredivo, tidak akan asal menyetujui pendaftaran atau pinjaman debitur. Meski terkesan mudah, fintech juga memiliki analis dan menerapkan teknologi yang dapat menilai kelayakan profil debitur dari data-data yang diunggahnya.

Apakah kamu termasuk salah satu yang pernah ditolak ketika mengajukan pinjaman uang online? Jika iya, coba ingat-ingat lagi, mungkin ada salah satu kesalahan berikut ini yang tidak kamu sadari:

Jumlah penghasilan kurang dari syarat minimum yang diajukan

Sama dengan lembaga pinjaman konvensional, fintech pinjaman uang online juga memiliki syarat yang harus dipenuhi bagi calon debitur yang mau pinjam dana. Namun, syaratnya lebih sedikit dan mudah. Contohnya: Kredivo menerapkan tiga syarat bagi calon debitur yang mau daftar dan mengajukan pinjaman, yaitu:

1. Merupakan WNI yang berusia minimum 18 tahun.
2. Berpenghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.
3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Ketiga syarat tersebut sifatnya krusial bagi calon debitur, terutama besaran penghasilan minimum. Penghasilan minimum bisa dibilang ukuran atau standar yang diterapkan fintech dan lembaga pinjaman lain dalam menilai layak atau tidaknya seseorang diberikan akses pinjaman. Maka dari itu, syarat yang satu ini harus dipastikan sesuai. Sebab, kalau jumlah penghasilan kamu berada di bawah syarat minimum, artinya sama dengan kamu belum dianggap mampu atau layak diberikan pinjaman.  

Besaran penghasilan juga akan berpengaruh pada limit pinjaman yang kamu dapat. Makin besar jumlah penghasilan, biasanya semakin besar juga kesempatan mendapat limit lebih besar. Dengan Kredivo, kamu berkesempatan mendapatkan limit maksimal s.d Rp 30 juta apabila mendaftar sebagai pengguna Premium. Pengguna Premium juga dapat mengajukan pinjaman mulai dari 500 ribu sampai puluhan juta (sesuai limit yang dimiliki maksimal untuk tenor 6 bulan), dengan tingkat suku bunga tetap hanya 2,95% per bulannya

Histori rekening buruk

Karena tidak terkoneksi dengan SLIK atau BI Checking, sebagian fintech pinjaman uang online akan meminta calon debitur memberikan atau mengunggah histori rekeningnya. Ini dilakukan untuk melihat “kesehatan” arus keuangan dari transaksi yang tercatat di rekening. Singkatnya, rekening yang sehat akan terlihat dari jumlah pengeluaran yang tidak melebihi atau mentok sama dengan jumlah penghasilan. Maka dari itu, tidak disarankan mengunggah histori rekening dalam keadaan saldo 0. Sebab ini akan membuat pengajuan pinjamanmu jadi berpotensi besar ditolak karena dianggap memiliki kondisi keuangan yang tidak sehat.

Kontak sulit untuk dihubungi

Sebagian fintech juga masih ada yang menerapkan sistem survei ke calon debitur yang mengajukan pinjaman, meski hanya melalui telepon baik ke kamu ataupun kontak darurat. Namun, telepon survei inilah yang akan berpengaruh besar pada penentuan disetujui atau ditolaknya pengajuan pinjamanmu. Kalau telepon tidak diangkat atau tidak terangkat karena kesibukan, dan ini terjadi berkali-kali, besar kemungkinan pengajuan pinjamanmu bakal ditolak. Kamu juga perlu memastikan bahwa kontak darurat yang ditaruh dalam pengajuan pinjaman adalah kontak yang valid dan sudah minta izin sebelumnya. Sebab, selain ikut disurvei, kontak darurat akan menjadi pihak yang akan dihubungi kalau-kalau kamu telat melakukan pembayaran angsuran.

Nah, dari tiga poin tersebut, mana yang kira-kira potensial jadi alasan mengapa pengajuan pinjamanmu ditolak?

Sebagai tips, ketika kamu mengajukan pinjaman uang online di satu fintech, usahakan hanya ajukan di fintech tersebut saja sampai ada keputusan pengajuan ditolak atau diterima. Jangan ajukan pinjaman ke banyak fintech sekaligus dalam waktu bersamaan. Begitupun kalau pengajuan pinjaman sudah diterima, jangan ajukan apalagi menggunakan fintech lain untuk membayar pinjamannya.

Ketika pengajuan pinjamanmu ditolak, kamu bisa mencoba daftar pada fintech lain atau memperbaiki pengajuan pinjaman (kalau diberitahu langsung letak kesalahannya). Dengan Kredivo, kamu dapat mencoba daftar kembali dalam waktu 3 bulan ke depan. Namun, pastikan kamu memberikan data yang valid dan tidak melakukan tiga kesalahan di atas ya.

Share:

Alternatif Baru Berinvestasi yang Menguntungkan

Di zaman yang semakin modern ini, kebutuhan manusia semakin bertambah dan tidak ada batasannya. Hal tersebut mendorong masyarakat untuk memperoleh penghasilan tambahan. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah investasi. Terdapat berbagai cara investasi yang saat ini dilakukan oleh masyarakat.


Investasi emas, properti, saham, deposito merupakan jenis investasi yang sudah biasa dilakukan oleh masyarakat. Namun saat ini terdapat alternatif investasi sedang ramai diperbincangkan di Indonesia yaitu peer to peer lending. Alternatif ini dapat digunakan sebagai investasi maupun sarana untuk mendapatkan pinjaman usaha. 

Jenis Peer to Peer Lending

1. Peer to Peer Lending Produktif

Jenis peer to peer lending yang umum dijumpai dalam masyarakat adalah jenis produktif. Modal yang didapatkan dari pemilik dana digunakan untuk kegiatan yang berkaitan dengan bisnis. Kelebihan dari peer to peer lending produktif yaitu:

- Dapat memilih peluang usaha yang akan didanai.
- Menampilkan segala informasi yang dibutuhkan terkait usaha yang akan didanai.
- Secara tidak langsung turut membantu pengembangan ekonomi nasional.
- Dapat melakukan diversifikasi pada peluang usaha yang akan didanai.

Kekurangan dari peer to peer lending produktif:

- Likuiditas agak lambat, sebab harus menunggu peluang usaha yang diberi dana mendapatkan modal dana secara penuh terlebih dahulu. Tetapi hal ini tidak akan menjadi hambatan investasi Anda.

2. Peer to Peer Lending Konsumtif

Peer to peer lending jenis ini juga dikenal dengan payday loan, yang memberikan pinjaman dengan sumber lender dari crowdfunding dan super lender. Kelebihan dari payday loan ini adalah:

- Likuiditas relative lebih cepat dibandingkan dengan peer to peer lending produktif.
- Bunga yang diberikan relative lebih tinggi.

Sedangkan kekurangannya yaitu:

- Melewatkan kesempatan untuk membantu meningkatkan perekonomian nasional.
- Risiko yang akan diterima jauh lebih besar jika tidak paham betul mengenai cara kerja peer to peer lending konsumtif.


Cara Kerja Peer to Peer Lending

Konsep yang digunakan dalam peer to peer lending adalah pinjam meminjam uang. Berikut cara kerja peer to peer lending yaitu:

  1. Mengajukan proposal pinjaman sesuai kebutuhan dan tujuan.
  2. Peminjam dana akan dimintai keterangan mengenai usahanya. Pihak investor juga akan meminta analisa risiko usaha yang dijadikan dasar credit scoring, hal tersebut akan menentukan besaran bunga yang akan dikenakan kepada peminjam dana.
  3. Jika proposal disetujui, peminjam harus menandatangani perjanjian.
  4. Selanjutnya peluang pemberian pinjaman akan diunggah di website terkait untuk menarik crowd investor.
  5. Apabila dalam 30 hari, gagal menggalang dana pinjaman yang ditargetkan maka dana akan dikembalikan ke crowd investor yang telah memberi pinjaman dan penggalangan dana gagal.
  6. Keuntungan berupa bunga akan diperoleh oleh crowd investor setiap bulannya sesuai dengan yang tertera dalam detail pinjaman tersebut.


Apabila Anda tertarik untuk melakukan peer to peer lending, pastikan untuk menentukan jenis peer to peer lending yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Pahami juga cara investasi online yang benar agar tujuan Anda berinvestasi tercapai.

Share:

5 Tips Memilih Tukang Service TV LED yang Bagus

Alat elektronik rumah tangga, misalnya saja televisi LED atau TV LED, merupakan benda yang kerap mengalami kerusakan. Jika sudah rusak, bukan tak mungkin Anda akan uring-uringan. Pasalnya, peran akan alat elektronik dalam memenuhi kebutuhan hidup sangatlah besar. Untuk itu, tidak jarang Anda rela merogoh kocek untuk melakukan servis. Yuk, kenali tips memilih tukang service TV LED terbaik agar Anda tidak salah pilih di artikel satu ini.


Memilih Tukang Service TV LED

Tidak hanya TV, alat-alat elektronik lainnya seperti kulkas, mesin cuci, hingga AC merupakan barang-barang yang krusial penggunaannya. Namun khusus untuk TV, terkadang Anda akan merasa sepi jika benda persegi panjang satu ini tidak ada di rumah. Selain sebagai sumber informasi, TV juga merupakan media hiburan yang kerap dinyalakan kala Anda pulang kantor dan ingin refreshing alias rehat.

Bisa dibayangkan, begitu besar peran TV tentu menjadikan kita stres kala alat ini rusak. Tak jarang, kita kebingungan untuk mencari tukang servis yang berpengalaman dan terpercaya. Nah untuk itu, ada baiknya Anda simak tips-tips berikut ini dalam menemukan tukang service TV LED, yakni :

1. Bertanya pada Kerabat dan Teman

Tidak ada salahnya sebelum mulai mencari, Anda bertanya alias meminta referensi kepada orang terdekat. Anda bisa menghubungi kerabat dan teman agar mereka memberi Anda informasi terkait tukang servis pilihan. Selain sudah terpercaya, tukang servis yang direkomendasikan oleh orang terdekat Anda biasanya juga bukan abal-abal.

2. Mencari Testimoni Klien Terdahulu

Jika sudah menemukan tukang servisnya, di langkah kedua ini tidak ada salahnya Anda mencari testimonial dari klien-klien terdahulu. Bagi Anda yang belum paham, testimoni adalah kegiatan memberi penilaian terhadap seberapa bagus kualitas dari produk atau jasa yang digunakan. 

Nah, Anda boleh sekali meminta testimoni pelanggan terdahulu agar Anda semakin percaya dan yakin untuk menggunakan jasa tukang servis tersebut.

3. Pastikan Tukang Service Berkualitas

Langkah ketiga, Anda harus bisa memastikan si tukang servis berkualitas. Caranya tentu saja ada beberapa, yakni mulai dari memastikan si tukang servis memiliki showroom sendiri, memiliki kelengkapan alat, hingga ketepatan waktu pengerjaan. Paling tidak dengan memiliki ketiga faktor tersebut, maka kualitas si tukang servis tidak akan diragukan.

4. Ada Garansi

Tukang servis yang baik tentunya adalah mereka yang memberi garansi terhadap hasil pengerjaan. Selain sebagai bentuk tanggung jawab, garansi juga bisa memberi nilai plus akan kredibilitas dari si tukang itu sendiri. Pasalnya, garansi sangat penting untuk pengajuan klaim apabila TV mengalami kerusakan kembali setelah diservis. Tentunya, garansi memiliki batas waktu sehingga Anda pun harus paham dengan ketentuannya.

5. Harga Sebanding dengan Kualitas

Terakhir, pilihlah tukang servis yang mematok harga sewajarnya. Jika hasil servis yang dilakukan sangat baik dan tidak mengecewakan, maka tentu Anda juga tidak akan kecewa jika mengeluarkan kocek sedikit lebih mahal. Namun jika hasilnya mengecewakan sementara harga yang dibanderol selangit, tentu hal ini akan membuat geram siapa saja yang menggunakan jasanya. Untuk itu, pilihlah harga yang wajar.

Demikian ulasan tentang tips memilih tukang service TV LED yang terpercaya, aman, dan berkualitas. Memang perkara memilih tukang servis tidak mudah dan butuh ketelitian, namun bukan tidak mungkin Anda menemukan tukang servis yang terpercaya dengan hasil kerja yang memuaskan. 

Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat ya!

Share:

7 Cara Cerdas Merawat Sepeda Gunung agar Lebih Awet

Olahraga sepeda masih memiliki banyak peminat di era modern. Jiwa para petualang yang suka menjelajah ke seluruh pelosok termasuk daerah dengan kontur perbukitan membuat sepeda gunung laris manis. Sepeda Pacific menawarkan sepeda MTB dengan kisaran harga yang bervariasi mulai kurang dari 2 juta sampai belasan juta rupiah. Kalau Anda sudah mendapatkan tipe sepeda MTB yang diminati, wajib tahu cara cerdas merawat sepeda gunung agar lebih awet berikut ini. 


1. Mencuci sepeda gunung secara rutin 

Langkah pertama perawatan sepeda gunung adalah rutin mencuci sepeda setelah digunakan. Mulai lepas aksesoris pendukung seperti bel sepeda atau speedometer, dan lakukan pencucian dengan benar. 

2. Membersihkan bagian rantai 

Rantai sepeda lebih gampang terkena kotoran mengingat sepeda MTB akrab dengan daerah yang ekstrim seperti perbukitan. Sisa debu atau lumpur yang menempel harus segera Anda bersihkan dengan lap basah yang telah diberi sabun. Putarkan pedal secara pelan-pelan saat Anda memasukkan lap basah ke bagian rantai agar seluruh kotoran bisa rontok. 

3. Membersihkan bagian bawah dan belakang frame

Bersihkan seluruh bagian bawah dan bagian belakang frame, stang depan, bagian penarik rem, dan kabel pemindah gigi. Anda bisa menggunakan lap bersih yang telah dibasahi untuk membersihkan bagian ini, ya!

4. Membersihkan bagian penggerak

Cukup gunakan sikat dan air sabun untuk membersihkan bagian penggerak seperti pedal dan gir agar kotoran yang tersembunyi bisa hilang. 

5. Bersihkan bagian roda sepeda

Anda pasti ingin memiliki sepeda Pasific yang awet meskipun digunakan selama bertahun-tahun. Tips merawat sepeda kesayangan agar bisa tahan lama adalah membersihkan roda sepeda yang baru saja digunakan. Anda bisa menggunakan kain lap dan air sabun untuk membersihkan roda depan, roda belakang serta bagian cakram dengan bersih. Bilas dengan air bersih hingga tampilan roda kembali kinclong. Untuk membersihkan bagian kotor yang terlalu sulit, Anda bisa membeli cairan khusus. 

6. Melakukan pengecekan sistem pengereman 

Bersepeda naik gunung akan memberikan petualangan yang luar biasa kalau Anda selalu mengecek setiap bagian sepeda dengan benar. Salah satu aspek penting yang tidak boleh dilewatkan adalah melakukan pengecekan pada sistem pengereman sepeda. Ganti kampas rem kalau rem sepeda mulai aus atau tidak berfungsi dengan normal. Tanpa rem yang normal, risiko kecelakaan bisa saja menghantui petualangan Anda.

7. Melakukan perawatan berkala 

Perawatan berkala pada sepeda MTB yang harus Anda perhatikan adalah penggantian oli atau pelumas. Sebaiknya Anda menggunakan minyak pelumas baru dibandingkan pelumas bekas sepeda lain. Selain itu, selalu cek tekanan ban tidak terlalu ringan atau berlebihan agar bersepeda bisa nyaman. Anda bisa memastikan tekanan ban sesuai dengan standar ban sepeda gunung. 

Jangan lupa untuk menyemir ban sepeda menggunakan semir sepeda motor agar tampil lebih mengkilap. Naik sepeda yang bagus dan terawat akan meningkatkan rasa nyaman serta kepercayaan diri sang pemilik. Sepeda gunung Anda siap diajak touring atau menjelajah eksotisme perbukitan di sekitar tempat Anda. 

Memiliki sepeda mewajibkan Anda untuk rutin melakukan perawatan, ya! Sepeda Pasific bisa menjadi pilihan sepeda gunung untuk Anda yang suka berpetualang. Nikmati sensasi perjalanan yang nyaman dengan sepeda gunung terbaik. Jaminan keselamatan sepeda gunung yang berstandar nasional dan berkualitas bisa meningkatkan rasa aman berkendara. Jika sepeda Anda bermasalah, segera bawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan dari teknis ahli, ya! Yuk, beli sepeda gunung favorit Anda sekarang juga! 


Share:
Gunung Kidul dikenal sebagai kawasan terbaik di propinsi DIY untuk Anda yang mencari referensi tempat wisata alam. Terkenal dengan deretan pantai eksotis, Gunung Kidul memiliki potensi wisata alam yang wajib Anda kunjungi. Tak hanya wisata pantai saja, Anda juga bisa mengunjungi obyek wisata lain. Jangan lupa untuk membeli asuransi perjalanan sebelum traveling bersama keluarga tercinta. 

https://www.cekaja.com/asuransi-perjalanan/

Berikut 5 destinasi wisata alam selain pantai yang ada di Gunung Kidul:

1. Air Terjun Sri Gethuk 

Tempat wisata yang telah dikenal banyak wisatawan ini memang memiliki pesona yang sangat indah. Anda bisa menyaksikan keindahan air terjun yang memiliki tinggi 50 meter dipadukan dengan tebing sekitar yang menawan. Tiket masuk sangat terjangkau sekitar 7 ribu saja belum termasuk biaya naik perahu untuk menyusuri keindahan sungai Air Terjun Sri Gethuk.

2. Goa Pindul 

Selain wisata pantai, Gunung Kidul juga menyimpan destinasi wisata favorit banyak kalangan akhir-akhir ini. Goa Pindul yang berlokasi di Desa Bejiharjo, Karangmojo menawarkan pengalaman liburan yang berbeda. Tak hanya bisa menikmati keindahan goa, pengunjung wajib menyusuri Sungai Oya yang memiliki panjang hingga 350 meter.

3. Goa Jomblang 

Tak hanya Goa Pindul yang wajib masuk dalam daftar itinerary, Goa Jomblang yang berlokasi tidak jauh dari Pantai Timang juga harus Anda kunjungi. Asuransi perjalanan bisa menjadi pilihan untuk meminimalisir risiko selama Anda menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit di goa bawah tanah ini. 

4. Desa Wisata Nglanggeran 

Ingin mencari suasana baru saat berkunjung ke Gunung Kidul? Anda harus datang ke Desa Wisata Nglanggeran. Bisa dikatakan kalau Desa Wisata Nglanggeran memiliki destinasi yang paling lengkap. Pengunjung bisa mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran, bersantai sejenak di Embung Nglanggeran, merileksasi pikiran di Air Terjun Kedung Kandang, dan lain-lain. 

5. Taman Bunga Telaga Malingan 

Anda mencari rekomendasi tempat wisata yang instagramable, mungkin harus datang ke Taman Bunga Telaga Malingan yang berlokasi di Desa Wisata Mulo, Wonosari, Gunung Kidul. Anda bisa berpose di beberapa spot foto yang menampilkan latar bunga-bunga cantik. Sangat cocok dijadikan tempat rekreasi murah meriah yang bisa hilangkan penat seharian. Biaya masuk ke Taman Bunga Telaga Malingan hanya 5 ribu rupiah. 

Nah, apakah Anda ingin merencanakan liburan ke Gunung Kidul? Pastikan Anda membeli asuransi perjalanan dan mengakses https://www.cekaja.com/asuransi-perjalanan/ yang menjamin liburan Anda lebih aman, lancar dan bebas risiko. 

Share:

Terkini