Mengenal Jenis dan Tipe Vacuum Pump Jakarta yang Ada di Pasaran

Pertama kali diciptakan pada tahun 1654 oleh Guericke, pompa vakum kini berkembang menjadi sebuah alat yang penting dan dibutuhkan oleh berbagai bidang industri. Karena dibutuhkan untuk kegiatan industri, tidak sedikit yang mengambil kesempatan untuk memproduksi dan menjual pompa vakum. Ada juga yang mengambil kesempatan dengan membuka jasa servis kompresor pompa vakum.


Pompa vakum digunakan untuk menyedot molekul gas yang ada di dalam suatu ruangan hingga mencapai titik vakum tertentu. Vacuum pump ini banyak digunakan di laboratorium kimia untuk menyedot gas berbahaya yang ada dalam ruangan. Selain digunakan di laboratorium, pompa vakum juga banyak digunakan di berbagai industri lainnya, seperti industri pertambangan, rumah sakit, farmasi, hingga industri makanan dan minuman.

Tiap jenis industri membutuhkan jenis pompa vakum yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Pompa vakum yang dijual di pasaran pun tidak hanya terdiri dari satu jenis, tapi ada banyak tipe.

Tipe Vacuum Pump Jakarta

Secara umum, pompa vakum bisa dibedakan menjadi dua tipe, yaitu :

1. Oil rotary vacuum pump

Yang pertama adalah oil rotary vacuum pump, yaitu pompa vakum yang bekerja menggunakan oli atau minyak pelumas. Karena menggunakan oli, Anda perlu mengecek kondisi oli secara berkala. Anda juga perlu menggantinya secara rutin agar pompa tetap bisa bekerja secara optimal.

Kelebihan dari pompa vakum tipe ini adalah harganya yang relatif murah. Perawatannya juga mudah sehingga Anda tidak perlu terlalu sering memanggil jasa servis kompresor pompa vakum. Meskipun demikian, Anda perlu mengganti spare part-nya jika usianya sudah tua dan pompa mulai mengalami berbagai masalah.

2. Dry vacuum pump

Yang kedua adalah dry vacuum pump. Pompa vakum tipe ini berbeda dari tipe oil rotary vacuum pump. Jika yang sebelumnya menggunakan oli agar pompa vakum bisa bekerja, tipe yang ini tidak perlu menggunakan oli. Dengan demikian, Anda tidak memiliki kewajiban untuk memeriksa dan mengganti oli secara rutin.

Kelebihan lainnya adalah penggunaan pompa vakum tipe ini tidak akan mengkontaminasi proses produksi sehingga cocok digunakan untuk industri kimia dan farmasi. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, jangan kaget kalau Anda harus merogoh kantong lebih dalam untuk bisa memiliki pompa vakum tipe ini.

Anda telah mengenal dua tipe pompa vakum yang banyak ditemukan di  pasaran. Selain dua tipe yang sudah disebutkan, pompa vakum juga bisa dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan prinsip kerjanya. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Vacuum pump positive displacement

Yang pertama, vacuum pump positive displacement. Vacuum pump jenis ini bekerja dengan menggunakan prinsip atau cara mekanis untuk menyedot gas yang ada di dalam ruangan secara terus menerus kemudian membuangnya ke atmosfer.

2. Vacuum pump momentum transfer

Yang kedua, vacuum pump momentum transfer. Vacuum pump jenis ini menggunakan sistem jet fluida dengan kecepatan tinggi untuk menyedot molekul gas dari suatu ruangan.

3. Vacuum pump entrapment

Yang ketiga adalah vacuum pump entrapment. Vacuum pump jenis ini menggunakan zat padat atau zat absorber jenis tertentu untuk menyedot molekul gas yang ada di dalam suatu ruangan.

Nah, itulah jenis-jenis vacuum pump Jakarta yang bisa Anda miliki. Sebelum memutuskan untuk membeli, lebih baik Anda ketahui dulu karakteristik dari masing-masing pompa vakum agar Anda bisa menentukan tipe dan jenis pompa vakum yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terakhir, rawatlah pompa vakum Anda dengan baik dan jika ada kerusakan pada bagian kompresornya, jangan ragu untuk memanggil jasa servis kompresor pompa vakum agar pompa Anda bisa segera digunakan kembali.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini